Monday, February 25, 2008

Seorang Kakek dan Burung Pipit



Alkisah, seorang kakek di negeri Baghdad pergi ke penjuru negeri untuk mencari kebahagiaan. setelah lelah mencari ia berhenti di sebuah oase, dan dia melihat seekor burung pipit yang sangat indah. Ia ingin sekali menangkapnya. setelah berusaha dengan berbagai cara ia pun berhasil menangkapnya. Tapi, ternyata burung ini bisa bicara.
"Kakek, tolong lepaskan saya, nanti saya akan mengabulkan permintaan kakek," kata si burung. Baik, kalau dapat menjawab pertanyaan saya, kamu saya lepaskan, kata si kakek. "Di mana, kapan, dan bagaimana memperoleh kebahagian?"
Pertama, jawab si burung, "jangan percaya siapa pun kecuali Allah swt. Kedua, jangan berharap sesuatu yang kamu tak akan sanggup mendapatkannya dan Ketiga, jangan sesali masa lalumu".

Merasa puas dengan jawaban burung itu, si kakek melepaskan burung tersebut. Tapi, begitu dilepas, si burung meledek kakek tua itu. "Dasar kakek bodoh," kata hewan itu.
Sebetulnya, kalau kakek tidak melepaskan saya, saya akan memberikan telur emas.
Si kakek sangat menyesal dan mengejar burung itu. Hewan ini lalu hinggap di
ranting pohon cemara. Kakek yang penasaran ini lantas berusaha
meraihnya dan... dia terjatuh lalu pingsan.

Ketika kakek ini siuman, burung tersebut mendekatinya. "Dasar manusia,
baru beberapa menit saya beri petunjuk meraih kebahagiaan, kamu sudah
lupa lagi.

Ingat Kek, apa yang saya katakan tadi. Pertama, Kakek jangan percaya pada
siapa pun kecuali pada Allah swt! Saya ini burung, mengapa Kakek percaya saya?"
"Kedua, tadi saya katakan jangan berharap pada sesuatu yang kamu tidak dapat meraihnya. Lihat akibatnya, Kakek jatuh dan pingsan." Ketiga, lanjut si burung, "jangan sesali masa lalu. Mengapa Kakek menyesal? Bukankah apa yang kakek kerjakan, yakni melepaskan saya, sudah terjadi?"

Sambil terbang mengangkasa, burung ini mengaku malaikat utusan Allah swt untuk memberikan pelajaran kepada umat manusia. Semoga, kita bukan termasuk kakek bodoh yang menyesali masa lalunya.

notes: Lagian...udah tua ngapain juga nyari kebahagiaan, kurang kerjaan aja!!! bukannya banyak2 ibadah...... He2x

No comments: